Banyak yang harus di persiapkan sebelum melaksanakan pernikahan seperti dekorasi, catering, mencari paket rental wedding, desainer kebaya Indoensia dan lain sebagainya. Selain itu semua ada hal yang juga butuh pertimbangan yang cukup matang yaitu adalah kartu undangan. Untuk membuat kartu undangan kamu harus bisa memperkirakan berapa perkiraan tamu yang akan datang di acara kamu. Setelah itu barulah kamu bisa menentukan konsep dan budget yang akan kamu keluarkan melalui perkiraan jumlah tersebut. Biasanya semakin banyak kamu memesan semakin murah pula biaya yang akan di keluarkan per satu undangannya. Ada beberapa konsep yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membuat kartu undangan diantaranya adalah:

Kartu undangan yang unik dan murah

Kartu undangan yang sederhana

Kartu undangan Islami

Undangan pernikahan simple dan elegan

Itu adalah konsep umum yang banyak di gunakan oleh banyak pasangan suami istri, apabila kamu masih bingung akan konsep seperti apa yang ingin kamu gunakan, cobalah beberapa konsep di bawah ini

  1. Kartu Undangan Pop Up

Model pop up sebenarnya adalah tren undangan yang sudah ada sejak dulu. Mungkin juga kamu juga pernah menerimanya dalam bentuk undangan ulang tahun atau pesta. Menggunakan konsep pop up berarti ketika kartu undangan di buka, akan ada gambar atau bentuk yang muncul secara real. Kamu bisa membuat desain pop up dibuat menjadi altar pernikahan yang warna-warni yang indah. Maka dari itu konsep ini menjadi sangat menarik dan menjadi tren sejak lama. Akan tetapi untuk membuatnya membutuhkan dana yang lebih banyak dari pada kartu undangan biasa.

  1. Kartu Undangan Karikatur

Konsep yang satu ini cukup sederhana, kamu tinggal meminta seorang penyedia jasa karikatur untuk menggambarkan diri kamu dengan pasangan, setelahnya kamu letakkan gambar tersebut di kartu undangan yang akan kamu pakai. Biaya yang di keluarkan akan tergantung pada jasa karikatur dan bahan dari kartu undangan tersebut, maka dari itu sesuaikanlah dengan budget yang kamu miliki.

  1. Kartu Undangan Akrilik

Dengan menggunakan akrilik yang transparan kamu bisa mengukir nama, ucapan undangan dan lain sebagainya. Menggunakan akrilik transparan sebagai kartu undangan dapat menghadirkan kesan mewah, dan elegan. Kartu tersebut juga cukup Instagrammable untuk di post di sosial media. Akan tetapi apabila kamu ingin memasukkan detail denah lokasi pernikahan kamu harus menyelipkan sebuah kertas kecil khusus untuk menunjukkan denah lokasi pernikahan tersebut.

  1. Kartu Undangan Tiket Pesawat

Tren ini juga sudah ada cukup lama, menggunakan konsep ini berarti menjadikan kartu undangan yang kita buat seperti tiket pesawat pada umumnya. Di situ terletak informasi tentang pasangan yang ingin menikah, lokasi dan lain sebagainya.

4 konsep tersebut dapat kamu gunakan di pesta pernikahan kamu, pertimbangan juga kuantitas kartu undangan yang akan kamu buat karena budget pernikahan harus di gunakan se efisien mungkin. Kamu juga harus menyiapkan souvenir seperti souvenir tumbler, kipas tangan dan lain sebagainya.