Masalah kelistrikan menjadi masalah serius yang sebaiknya segera ditangani karena ada bahaya yang bisa terjadi jika penangannya terlambat dilakukan. Namun, salah satu pertolongan pertama saat listrik mengalami masalah adalah menggunakan genset.

Banyak orang yang akhirnya membutuhkan distributor genset indonesia untuk bisa mendapatkan genset jika sewaktu-waktu listrik mengalami gangguan. Ada banyak gangguan listrik yang bisa saja terjadi, beberapa yang gangguan ini mungkin sering terjadi pada Anda sendiri.

  1. Drop voltage

Masalah ini sering juga disebut sebagai power SAG di mana gangguan listrik yang terjadi akibat tegangan listrik turun secara tiba-tiba, contohnya, ketika tekanan listrik yang mulanya 220 volt mendadak turun drastis hingga lebih dari 10%. Akibat masalah listrik ini, semua barang elektronik di rumah Anda bisa saja rusak. Termasuk juga barang-barang elektronik yang sering digunakan seperti komputer dan televisi.

  1. Power surge

Ini menjadi masalah listrik yang juga sering terjadi dan tak boleh dibiarkan. Penyebab terjadinya masalah listrik ini adalah karena voltase naik di atas 100% dari tegangan umumnya dan terjadi karena mendadak. Penyebabnya adalah jaringan listrik terkena sambaran petir. Dalam beberapa kasus, masalah ini menimbulkan kerusakan pada alat elektronik.

  1. Under voltage

Under Voltage atau disebut Brown Out yaitu gangguan listrik yang terjadi ketika voltase berkurang dalam beberapa menit. Meski masalah ini hanya terjadi sesaat, namun Anda perlu berhati-hati jika masalah ini benar-benar terjadi pada Anda.

  1. Power failure

Power failure atau disebut juga gangguan sumber listrik terjadi karena kondisi matinya sumber listrik pusat (utama). Misalnya saja, seperti hubungan arus pendek, pemadaman bergilir, atau berlebihnya beban listrik di rumah. Gangguan ini sering kita alami di kehidupan sehari-hari dan dikenal dengan istilah mati lampu/listrik padam. Karena terjadi mendadak, gangguan power failure bisa berdampak pada kerusakan alat-alat elektronik yang sedang menyala.

Masalah kelistrikan ini bisa menjadi masalah yang serius jika terjadi di sebuah gedung yang menjulang tinggi. Untuk itu, pemantauan berkala tentu harus dilakukan. Pemantauan ini biasanya harus dilengkapi dengan helm safety proyek agar penggunanya aman dalam proses pemantauan tersebut.