Setiap perusahaan menginginkan karyawannya selalu bekerja dengan produktif agar perusahaannya bisa berkembang. Sayangnya, sering terjadi berbagai permasalahan di lingkungan kerja yang justru menyebabkan kemunduran perusahaan, salah satunya karena sikap malas karyawan.

Malasnya karyawan pun bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja karena merasa lingkungan kerjanya kurang kondusif. Bisa juga ada perbedaan pendapat antar karyawan yang membuat karyawan malas untuk berangkat kerja, di mana hal ini akan menyebabkan kerugian perusahaan dalam angka besar.

Tentunya perusahaan tidak bisa diam saja melihat sikap malas karyawan agar perusahaan tidak terus merugi. Nah berikut adalah tips meningkatkan kedisiplinan karyawan yang bisa dicoba:

Memberlakukan peraturan sewajarnya

Banyak perusahaan berpikir jika semakin ketatnya peraturan maka karyawan pun akan semakin disiplin. Justru mindset seperti ini keliru lho! Karyawan yang semakin ditekan dengan peraturan perusahaan akan stres dan menyebabkan turunnya performa bekerja.

Banyak peraturan perusahaan yang tidak masuk akal, misalnya saja waktu istirahat yang hanya 10 menit padahal karyawan butuh waktu untuk makan dan berbincang dengan rekan kerja. Aturan perusahaan sebaiknya dibuat berdasarkan survei kondisi lingkungan kerja, sehingga kebutuhan karyawan tetap bisa terpenuhi dan produktivitas karyawan pun akan meningkat.

Berteman dengan karyawan

Buruknya hubungan atasan dengan karyawan membuat para karyawan malas bekerja karena merasa kerja kerasnya tidak dihargai. Sayangnya banyak pemimpin perusahaan yang kurang menyadari hal ini karena mengutamakan kemajuan perusahaan daripada kondisi mental karyawannya.

Faktanya, mempedulikan karyawan tidak sesulit apa yang Anda bayangkan lho! Menyapa karyawan tiap bertemu ataupun mendengarkan keluh kesahnya sudah membuat karyawan merasa lebih dihargai. Tidak ada salahnya untuk sesekali bercanda dengan karyawan untuk membuatnya lebih betah di kantor yang lama kelamaan membuat para karyawan menjadi lebih disiplin pula.

Suasana kooperatif antar karyawan

Bukan hanya fasilitas kantor yang terpenuhi dengan baik, perusahaan juga harus memperhatikan suasana kompetitif antar karyawan. Sering adanya argumen antar karyawan justru menyebabkan karyawan tidak betah bekerja dan lama kelamaan sering bolos karena berkurangnya motivasi kerja.

Untuk mengatasi hal ini, perusahaan bisa mengatasinya dengan rutin memberikan tugas berkelompok supaya karyawan semakin mengenal pribadi satu sama lain. Karyawan pun akan belajar menoleransi kekurangan satu sama lain dan bekerjasama dengan baik untuk kemajuan perusahaan.

Mengadakan training secara berkala

Tidak bisa dipungkiri jika adanya training alias pelatihan kerja juga akan meningkatkan kedisplinan karyawan. Training bisa diberikan sebagai salah satu bentuk reward perusahaan terhadap karyawannya, di mana melalui training inilah para karyawan akan belajar kemampuan baru yang tidak dibayangkan sebelumnya.

Memberikan training perusahaan pun tidak boleh sembarangan supaya skill karyawan bisa meningkat sesuai kebutuhan perusahaan. Tidak ada salahnya menggunakan jasa trainer yang memang sudah berpengalaman supaya hasil training-nya bisa benar-benar bermanfaat bagi karyawan dan kemajuan perusahaan pun akan terasa dalam waktu singkat.

Sudah tidak bingung lagi kan meningkatkan kedisplinan karyawan setelah penjelasan barusan? Kabar baiknya, memantau kedisplinan karyawan sekarang lebih mudah menggunakan mesin absensi yang bisa didapatkan secara online mengingat banyak toko online yang jual mesin absensi dengan harga terjangkau.

MesinAbsensi.co.id adalah salah satu toko online yang jual mesin absensi dari brand ternama yang pastinya bisa awet hingga penggunaan beberapa tahun ke depan. Harga yang ditawarkan Mesin Absensi pun terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir jika perusahaan akan merugi karenanya.

Customer Service Mesin Absensi pun siap melayani dengan tanggap sehingga Anda bisa mendapatkan mesin absensi idaman dengan cepat. Yuk segera kunjungi situs MesinAbsensi.co.id yang jual mesin absensi berkualitas dengan harga yang terbaik pula!