Selain meminum es teh manis yang menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia setelah makan. Es Jeruk adalah pilihan alternatif yang tak kalah saing dengan es teh karena rasa asam, kecut, dan manis yang diberikan oleh minuman es jeruk ini dapat memberikan sensasi yang menyegarkan. Selain itu, meminum segelas es jeruk di siang hari dapat juga melepas dahaga dan membuat badan dan pikiran menjadi segar kembali untuk melanjutkan aktifitas. Namun, tahukah anda kalau jenis- jenis jeruk yang ada di Indonesia itu memiliki beraneka ragam jenis jeruk dan buah jeruk tersebut memiliki jenis dan kriterianya masing – masing yang membuat tekstur bahkan dapat membuat rasa buah jeruk memiliki rasa yang unik jika dibandingkan dengan buah jeruk yang lain? Ini disebabkan karena Indonesia memiliki aneka ragam jenis buah jeruk yang unik tersebar di seluruh benua Indonesia. Karena Indonesia kaya akan alamnya.

Manfaat Buah Jeruk

Buah jeruk juga sering dikenal karena kandungan vitamin yang ada di dalam buah jeruk yaitu vitamin C untuk memenuhi nutrisi tubuh manusia setiap hari. Dengan membuat buah jeruk menjadi jus ataupun secara langsung memakan buah jeruk, anda dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh buah jeruk sebagai berikut:

  1. Digunakan sebagai antioksidan tubuh yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kemudian menghambat proses resiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, dan penyakit jantung.
  2. Meningkatkan system imun atau daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan. Kebutuhan vitamin C juga dapat membantu untuk mencegah keluahan seperti batuk dan pilek bahkan juga disebut baik untuk mencegah penyakit demam berdarah.
  3. Menjaga kesehatan kulit untuk berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang bertugas untuk mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, membantu proses penyembuhan luka, awet muda, dan juga mencerahkan kulit.
  4. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan sehingga membantu imun tubuh untuk bekerja dengan baik dalam melindungi tubuh dari penyakit
  5. Di dalam beberapa hasil penelitian juga disebutkan bahwa Vitamin C dapat juga untuk membantu merawat kesehatan tulang, gigi, tulang rawan, menjaga kesehatan jantung, serta pembuluh darah, sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung atau stroke. Selain itu, Vitamin C juga dipercaya untuk mencegah penyakit empedu dan katarak.

Karena kita sudah mengenal lebih jauh tentang manfaat yang dapat diberikan oleh buah jeruk, tentunya anda sekarang sudah tau kalau buah jeruk adalah salah satu buah yang penting untuk menjaga kesehatan ya. Karena di Indonesia terdapat berbagai aneka ragam buah jeruk, hal itu membuat jeruk – jeruk yang ada di Indonesia memiliki ciri khas nya masing – masing sehingga memiliki daya saing atau daya jual yang tinggi untuk bersaing dengan produk luar negeri yang di ekspor ke luar negeri.

7 Jenis – Jenis Buah Jeruk di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Indonesia memiliki beraneka ragam jenis buah jeruk yang tersebar penjuru benua. Mari simak penjelasan berikut ini:

  1. Jeruk Pontianak
    Jeruk yang tumbuh dan dibudidayakan di daerah Pontianak ini adalah salah satu khas jeruk daerah tropis yang memiliki nama lain Jeruk Siam. Memiliki rasa yang manis serta kandungan air yang banyak ketika anda santap.
    Jeruk ini memiliki warna kulit hijau kekuningan dan berpori- pori kuning
    Selain itu, jeruk ini memiliki kulit yang tebal dan kuat.
    Jika anda mengupas jeruk ini maka akan melihat bahwa jeruk ini berkerut dan berserabut
  2. Jeruk Bali
    Jeruk ini juga dapat disebut dengan sebutan pamelo dan memiliki rasa manis, sedikit kecut, terdapat semburat pahit, dan biji sedikit. Buah jeruk yang satu ini memiliki ciri khas yang dapat anda langsung ketahui setelah anda melihatnya, yaitu ukuran buah jeruk bali yang relatif jauh lebih besar daripada jeruk lain pada umumnya. Dengan memiliki ukuran yang besar, jeruk bali juga memiliki kulit yang tebal, sehingga anda akan kesulitan apabila mengupasnya tanpa menggunakan sebuah pisau. Apabila anda memperhatikan buah jeruk bali setelah anda mengupasnya, anda dapat melihat bulir- bulir jeruk bali yang berwarna merah muda yang terlihat sangat jelas.
  3. Jeruk Medan
    Jenis Buah Jeruk Medan ini memiliki kriteria yang hampir sama dengan jeruk Pontianak. Perbedaan yang terlihat adalah kulit buah jeruk ini memiliki warna dominan kuning atau jingga dari jeruk Pontianak. Jeruk medan juga memiliki rasa yang manis dan mengeluarkan aroma yang segar, bulir besar, kadar air yang banyak dan sering dimakan sebagai buah pencuci mulut.
  4. Jeruk Nipis
    Atau juga disebut dengan lime. Ciri khas yang dimiliki oleh jeruk nipis ini adalah ukuran buah nipis yang kecil, licin, berpori – pori besar, dan mempunyai tekstur kulit tebal sehingga sulit untuk dikupas dengan tangan.
  5. Jeruk Purut
    Buah jeruk purut ini memiliki nama lain Citrus hystrix, yang memiliki warna kulit hijau tua, agak berlombang, dan keras. Bentuk dari buah jeruk purut ini juga kecil dan memiliki aroma yang tajam. Buah jeruk purut juga dapat digunakan sebagai obat di beberapa daerah di Indonesia, pelengkap, dan perasa. Selain buah jeruk purut, daunnya pun sering digunakan sebagai bumbu masakan karena harum.
  6. Jeruk Keprok
    Kulit yang dimiliki buah jeruk keprok ini biasanya lebih tebal, beragam mulai dari hijau kekuningan sampai jingga dan ditanam di daerah dataran yang tinggi. Rasa yang dimiliki buah jeruk keprok adalah rasa manis dan sedikit masam yang membuat cita rasanya segar. Karena kulit buah keprok ini lebih tebal sehingga cenderung kaku dan membuat sulit untuk dibuka.
  7. Jeruk Manis
    Jeruk ini memiliki nama lain Citrus X sinensis, dan rasa dari buah jeruk ini sama dengan namanya yaitu manis, tanaman ini pun juga mengeluarkan aroma harum dan tak luput dengan buahnya, kulit buah yang dimiliki jeruk manis juga susah untuk dikupas.

Nah, itu adalah beberapa kriteria yang dimiliki buah jeruk di Indonesia yang tak kalah kualitasnya dengan buah jeruk yang diproduksi di luar negeri. Bagi anda yang melihat hal ini sebagai peluang usaha, tentu saja anda dapat menjual jeruk – jeruk tersebut dengan apa adanya, ataupun dalam bentuk olahan dan dijual di dalam negeri.

Selain itu untuk mendapatkan jeruk yang memiliki kualitas bagus, tentu melalui proses penanaman jeruk yang tepat. Dengan melakukan perawatan yang dapat menghasilkan kualitas jeruk yang sesuai, melakukan pemupukan dengan dosis tepat.

Pastikan memilih pupuk jeruk dengan kualitas bagus dan sesuai, hal inilah yang menjadikan tanaman jeruk hasilnya lebih baik dan pastinya buah jeruk yang dijual berkualitas.

Selain menjual buah jeruk di dalam negeri, anda dapat juga menjualnya ke luar negeri karena buah jeruk Indonesia memiliki kualitas yang layak dan memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda dari jeruk – jeruk yang ada di luar negeri, sehingga membuat daya nilai jual yang berpotensi untuk usaha ekspor ke luar negeri.