Penderita diabetes sebaiknya selalu waspada terhadapa apa yang dikonsumsi baik makanan atau minuman. Penederita diabetes harus selalu mengawasi kadar gula dalam darah, karena makanan yan tinggi kalori atau gula dapat memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Pengawasan terhadap gula darah sangat penting untuk menghindari terjadinya komplikasi pada penderita diabetes. Bagaimana dengan para penderita diabetes yang hobi mengkomsi kopi di pagi hari sebelum bekerja?. Kopi sendiri di kalangan masyarakat Indonesia sangat digemari dari usia muda maupun tua. Apakah kopi tidak mempengaruhi ksehatan yang dialami penderita diabetes? Mari simak penjelasan berikut.

Kopi merupakan biji-bijian yang mengandung kafein. Kafein sendiri sangat banyak manfaatnya, selain sebagai antioksidan, kopi diklaim dapat menurunkan resiko penurunan gula dalam darah.

Manfaat kafein dalam kopi sendiri sudah diteliti oleh banyak ilmuan dan dikaji dalam beberapa studi. Menurut International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences pada tahun 2016 silam, mengklaim bahwa kafein dan asam klorogenat dari kopi dapat meningkatkan sensitifitas dari insulin dan dapat menekan kenaikan gula dalam darah pada penderita diabetes.

Dengan adanya studi tersebut berarti penderita diabetes boleh mengkonsumsi kopi. Tetapi bagi Anda penerita diabetes juga perlu waspada, dikarenakan banyak kopi yang mengandung gula yang beredar di pasaran. Anda harus pandai memilih kopi yang akan Anda konsumsi. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan agar dapat menikmati minuman berkafein adalah sebagai berikut.

  1. Pilih kopi dengan bijak

Pilihlah kopi yang sedikit mengandung gula bahkan yang bebas gula, agar kadar gula dalam darah Anda dapat stabil. Anda bisa mengganti kopi yang Anda konsumsi dengan kolagit. Kolagit sendiri merupakan singkatan dari Kopi Gula Gita. Kopi buatan anak bangsa ini dikalaim dapat menurunkan kadar gula darah, karena terbuat dari bahan alami seperti tebu. Dengan mengkonsumsi kolagit, Anda dapat merasakan manisnya kopi tanpa takut gula dalam darah akan meningkat.

  1. Hindari sirup pemanis

Beberapa jenis kopi memiliki kadar gula yang tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes, seperti kopi frappucinno maupun mocca latte. Jika Anda gemar mengkonsumsi kopi tersebut, pesanlah kopi tersebut tanpa whipped cream atau sirup pemanis bebas gula. Pesanlah dalam ukuran minuman yang paling kecil, dikarenakan asuan kalori yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

  1. Ganti gula dengan rempah

Bagi Anda yang kurang suka terhadap rasa pahit. Anda dapat menggunakan pemanis alami seperti gula aren, atau rempah-rempah seperti pala, kunyit, serta kayu manis sebagai campuran. Rempah-rempah tersebut akan menambah cita rasa kopi yang akan Anda seduh.

  1. Batasi takaran gula

Tidak sedikit pecinta kopi tidak suka mengkonsumsi kopi pahit, bagi Anda yang gemar rasa manis, wajib untuk membatasi takaran gula. Karena meskipun kopi hitam tidak mengandung kalori, jika diberi gula maka kalori akan tinggi. Anda cukup memasukkan satu sendok the gula terhadap kopi hitam yang akan Anda seduh.