Aliexpress selaku anak perusahaan Alibaba merupakan Marketplace yang menyediakan berbagai barang menarik yang bisa dipesan secara ritel. Maksudnya berbagai produk tersebut bisa dipesan dalam bentuk ecer atau satuan.

Kalau diketahui mungkin informasi ini sudah banyak yang tahu. Tapi apakah kalian juga tahu, kalau di Aliexpress kita bisa loh berpartisipasi sebagai seller atau penjual. Pasti banyak yang tidak tahu kan, kalau Aliexpress membuka peluang untuk seller di luar Tiongkok .

Nah untuk itu, jika kalian ingin berpartisipasi sebagai seller di Aliexpress, maka ketahui cara jualannya supaya bisa bersaing dengan yang lain. Dan untuk mengetahuinya, kalian simak saja beberapa caranya seperti berikut ini.

Cara Jualan di Aliexpress

Membuat Toko Online di Aliexpress

Sebagai penjual yang domisili berada di luar Tiongkok, sudah pasti akan ada beberapa perbedaan cara membuat toko di Aliexpress. Dan untuk mengetahui hal itu, anda harus menyimak step by step langkah berikut ini dengan seksama. Oh iya untuk memudahkan caranya, jangan lupa untuk mengubah bahasa ke Bahasa Indonesia.

Cara pertama silakan buka situs Aliexpress.

Kemudian perhatikan di bagian header, kalian cari menu “Non-Chinese Seller Registration” di bagian pusat penjual.

Setelah itu buat akun (jika belum punya) atau langsung saja log in untuk melangsungkan tahap pembuatan toko. Jika nanti ada permintaan verifikasi, silakan kalian konfirmasi dengan mengisi kode yang dikirimkan ke email.

Berhasil masuk, nanti akan ada proses pengisian data sebagai identitas toko dari NPWP hingga rekening bank.

Jika sudah, langsung teruskan proses selanjutnya.

Semua proses sudah dilalui dan tidak ada kendala, kalian tunggu beberapa hari untuk proses persetujuan toko yang dibuka. Sebab setelah pendaftaran ini, toko tidak bisa langsung digunakan. Masih perlu proses audit untuk memperoleh persetujuan dan kebenaran dari data yang diberikan.

Selain itu, di saat proses pendaftaran dan di bagian log in, kan ada menu “Membership Agreement”. Jangan lupa untuk dibaca untuk mengetahui peraturan, syarat, dan ketentuan bergabung sebagai penjual Aliexpress.

Mengatur Dekorasi Toko

Dari serangkaian cara membuat toko yang perlu persetujuan, dan apabila toko yang kita ajukan disetujui dan siap digunakan. Maka langkah selanjutnya buat dekorasi untuk membuat toko makin menarik.

Dekorasi toko sangat diperlukan guna membuat ciri khas yang membedakan dengan toko lain. Untuk dekorasi yang diperlukan, paling tidak harus ada logo, banner, serta informasi toko.

Untuk cara pendekorasian toko, di dasboard menu toko klik “My Store” -> “Design and Manage Store”. Di menu tersebut kreasikan tampilan toko kalian menjadi lebih menarik. Ubah tampilan menjadi lebih ciamik dengan memberikan beberapa perubahan dan keselarasan warna. Jika sudah, jangan lupa klik “Save”, biar usaha mendekorasi toko di Aliexpress tidak terbuang.

Upload Produk di Aliexpress

Untuk step terakhir, kita akan melakukan upload produk untuk dijual. Untuk caranya, cari menu “Product Center” -> “Add New Product”.

Sudah ketemu, nanti akan ada pemilihan bahasa dan untuk memudahkan pembeli kita pilihan saja opsi multi bahasa.

Jika sudah, sekarang proses upload produk dengan memberikan gambar, deskripsi, judul, dan informasi lainnya.

Sesudah itu, buat informasi pengemasan dan pengiriman produk jika ada pesanan.

Selesai semua cara di atas, maka “Submit” produk untuk menindak lanjuti produk kita.

Untuk proses persetujuan penampilan produk di Aliexpress biasanya butuh proses 1-3 hari. Jika proses ini disetujui, maka produk yang kita edarkan akan dilihat banyak orang dan toko siap digunakan untuk jualan.