Mendengar nama Microsoft Excel, siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini?, mendengar Namanya pasti terbesit dengan nama Bill Gates. Aplikasi ini merupakan produk dari korporasi Microsoft, yang dikemas dalam satu paket yaitu Microsoft Office.

MS excel merupakan sebuah aplikasi program pengolah angka yang bertahun-tahun sudah popular di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan adanya aplikasi tersebut sangat memudahkan penggunanya dalam mengolah angka, mengolah data, serta mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi.

Pengguna aplikasi ini sangatlah beragam mulai dari pelajar, mahasiswa, pengajar, bahkan staff perkantoran, dll. Dalam menggunakan aplikasi pengolah angka tersebut, tidak dipungkiri bahwa aplikasi tersebut memiliki banyak fungsi, dan rumus-rumus untuk menunjang pengerjaan suatu data. Anda. Rumus-rumus yang sering digunakan pada pengolah angka ini adalah seperti rumus LOOKUP, rumus VLOOKUP, HLOOKUP, dan masih banyak lagi.

Fungsi LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP ini digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang terdiri dari minimal dua table. Tabel pertma merupakan table referensi dan table kedua merupakan table pengsian.

Pada pembahasan kali ini, akan di bahas dan diberikan contoh salah satu fungsi dari rumus lookup, yaitu fungsi dari rumus VLOOKUP excel.

Rumus VLOOKUP ini biasanya digunakan untuk melakukan perhitungn yang range datanya disusun secara vertical sesuai dengan namanya yaitu VLOOKUP (Vertical LOOKUP), range pada data bisa diberi nama tertentu untuk memudahkan dalam pengerjaan, jika menggunkan range biasa maka harus di beri tanda “$” (ABSOLUT).

Contoh penggunaan rumus VLOOKUP excel sebagai berikut.

Untuk mecari Gaji pada data yang akan diisi pada gambar diatas sesuai dengan table referensi di bawahnya, maka rumus yang akan digunakan sebagai berikut.

Letakkan kursor pointer pada cell D5, lalu ketik rumus =VLOOKUP(C5,$C$15:$E$19,2)

Keterangan rpenulisan syntax:

  • Cell 5 adalah letak data yang akan dicoba, yaitu gaji sesuai dengan GOL (golongan), (yang berada di cell 5)
  • $C$15:$E$19 merupakan range data referensi
  • Angka 2, menunjukkan nomor kolom, di ambil dari data referensi, dan di hitung mulai golongan(GOL), pada (nomor kolom 1), GAJI (nomor kolom 2) sedang PREMI (nomor kolom 3). Jadi kalua menghitung PREMI rumus yang ditulis harus sama, yang beda hanya nomor kolomnya saja yaitu 3.
  • =VLOOKUP(C5,$C$15:$E$19,3)
  • Tanda absolut ($) digunakan untuk mengunci data referensi supaya ketika di Fill Handle tidak berubah-ubah.

Jika Anda ingin menghitung menggunakan function argument, maka yang perlu diisi sebagai berikut,

Dari 2 cara penulisan rumus VLOOKUP excel diatas, maka akan muncul seperti gambar berikut,

Setelah melihat tutorial diatas apakah Anda sudah paham? Jika belum, Anda dapat mengulangi dan mencobanya secara perlahan. Demikian untuk pembahasan contoh fungsi dari rumus VLOOKUP, semoga Anda dapat mempratekkan dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Semoga bermanfaat.