Susu merupakan salah satu makanan super (superfood) yang telah dikonsumsi manusia sejak zaman dulu. Rasanya yang enak serta nutrisinya yang cukup lengkap membuat susu menjadi salah satu makanan atau minuman pelengkap yang wajib dikonsumsi oleh anak-anak terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Diantara berbagai jenis susu yang beredar di pasaran, susu cair merupakan jenis susu yang mudah ditemukan. Harganya yang murah hingga memiliki berbagai variasi rasa membuatnya sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Susu cair sendiri memiliki beberapa jenis seperti susu cair segar, susu cair UHT dan susu cair pasteurisasi. Ketiganya cukup banyak beredar dipasaran dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kenali Kelebihan Susu Cair

Memilih susu cair yang tepat bagi anak sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu meneliti kandungan nutrisinya dan menyesuaikannya dengan perkembangan anak. Perlu Anda ketahui jika kebutuhan nutrisi tiap anak berbeda-beda tergantung kondisinya. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan anak sebelum Anda membelinya. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa kelebihan dari berbagai jenis susu cair yang ada di pasaran.

  1. Susu cair murni

Susu murni atau fresh whole milk merupakan susu yang masih segar dan belum ditambahkan bahan apapun. Susu ini biasanya merupakan hasil perasan langsung dari para peternak dan biasa dijual kepada pengepul. Susu jenis ini belum mengalami proses apapun sehingga kandungan nutrisinya masih lengkap. Susu jenis ini juga tidak bisa bertahan lama karena tidak mengalami proses sterilasisi. Namun, mengonsumsi susu murni segar juga tidak dianjurkan karena ada kemungkinan bakteri jahat yang terkandung didalamnya.

  1. Susu cair UHT

Susu jenis ini merupakan susu yang telah mengalami pemanasan dalam suhi tinggi dalam waktu yang sangat singkat. Pemanasan dalam suhu tinggi dimaksudkan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya sekaligus membuat susu lebih awet dan tahan lama. Susu yang telah mengalami proses ini biasanya dapat bertahan hingga berbulan-bulan tanpa pengawet asalkan kemasannya belum dibuka.

Selain itu, saat diolah susu UHT biasanya kerap dicampurkan dengan berbagai zat tambahan seperti perasa, gula, mineral dan sebagainya sehingga Anda perlu membaca labelnya dengan teliti. Namun, jika kemasannya sudah dibuka susu UHT biasanya hanya tahan selama beberapa hari meskipun telah dimasukan kedalam kulkas.

  1. Susu pasteurisasi

Walaupun sama-sama mengalami proses pemanasan untuk mematikan bakteri dan miroorganisme berbahaya, susu jenis ini berbeda dengan susu UHT. Susu pasteurisasi dipanaskan dalam suhu yang lebih rendah dibandingkan susu UHT. Jika susu UHT dipanaskan dalam suhu sekitar 138°C selama 2 detik, maka susu pasteurisasi hanya dipanaskan dalam suhu 72°C selama 15 detik.

Hal ini menyebabkan susu UHT jauh lebih steril dari susu pasteurisasi karena dalam susu UHT hampir semua mikroorganisme berbahaya sudah mati akibat suhu tinggi. Hal ini juga menyebabkan susu pasteurisasi tidak seawet susu UHT. Jika susu UHT bisa bertahan selama berbulan-bulan maka susu pasteurisasi hanya bisa tahan sekitar 10-21 hari didalam kulkas. Oleh sebab itu, susu pasteurisasi biasanya dijual dalam jumlah yang kecil serta diberandol dengan harga yang lebih murah.

Perlu Anda tahu jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya susu UHT jelas memiliki beberapa keunggulan. Bahkan, mengonsumsi susu UHT jauh lebih baik dibandingkan susu segar karena jauh lebih aman. Walaupun kerap ditambahkan gula namun saat ini sudah banyak produk susu UHT yang tidak menggunakan gula tambahan secara berlebihan.

Salah satu contohnya adalah susu cair anak Morinaga Chil Go yang mengandung 13 gram gula dalam tiap kemasannya sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Perlu Anda ketahui jika batasan gula yang bisa dikonsumsi adalah sebanyak 50gram per hari sehingga susu cair Morinaga Chil*Go bisa dikonsumsi tiap hari tanpa rasa khawatir asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Selain itu, kandungan nutrisinya juga lengkap dan terjaga dengan baik. Susu ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak karena memiliki formula yang tidak hanya meningkatkan perkembangan otak tapi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.