PCR test lebih akurat daripada rapid test

Istilah PCR test tentu sudah tidak asing lagi saat ini. Adanya wabah Covid-19 membuat semua orang waspada akan potensi tertular virus tersebut. Untuk memastikan apakah seseorang terpapar Covid-19 atau tidak adalah dengan melakukan beberapa tes, salah satunya adalah PCR. Anda bisa mencari PCR test terdekat di daerah Anda untuk melakukan ini.

Pengertian PCR Test

PCR merupakan singkatan dari Polymerase Chain Reaction. Jadi, PCR test bertujuan untuk mendeteksi adanya material genetik dari bakteri atau virus. Untuk saat ini, tes tersebut lebih sering digunakan untuk mendiagnosis apakah pada material genetik seseorang terdeteksi virus corona atau tidak. Tingkat akurasi dari tes ini juga cukup bagus sehingga cocok untuk dilakukan di masa pandemi ini.

Selain Covid-19, ada beberapa penyakit yang dapat didiagnosis dengan PCR test. Penyakit tersebut antara lain Infeksi HPV (Human Papillomavirus), Cytomegalovirus, hepatitis C, Gonore, penyakit lyme, batuk rejan, klamidia, dan juga HIV (Human Immunodeficiency Virus). Jadi, bisa dikatakan bahwa tes PCR ini bukanlah metode atau cara yang baru.

Prosedur Tes PCR

Tes PCR diawali dengan proses pengambilan sampel berupa lendir, dahak, cairan dari orofaring (antara tenggorokan dan mulut), cairan dari nasofaring (antara tenggorokan dan hidung), atau paru-paru dari seseorang yang diduga sudah terinfeksi Covid-19. Metode pengambilan sampel ini adalah dengan metode swab yang kira-kira memakan waktu 15 detik.

Selanjutnya, sampel yang sudah diambil tersebut diteliti di laboratorium. Oleh karena virus penyebab Covid-19 ini adalah termasuk virus RNA, maka akan ada proses konversi terlebih dahulu dari RNA pada sampel menjadi DNA. Proses konversi ini dilakukan dengan menggunakan enzim reverse-transcriptase. Inilah alasan kenapa teknik konversi tersebut dikenal dengan nama RT-PCR atau Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction.

Ketika RNA sudah berhasil dikonversi menjadi DNA, alat PCR akan memperbanyak materi genetik agar bisa terdeteksi. Apabila mesin tes PCR mendeteksi adanya RNA Covid-19 pada sampel yang diuji, hasilnya akan positif.

Perbandingan PCR Test dan Rapid Test

Selain PCR test, Anda mungkin juga pernah mendengar istilah rapid test untuk mendiagnosis apakah seseorang terpapar Covid-19 atau tidak. Namun, rapid test tidak bisa 100% menentukan apakah seseorang terkena Covid-19 meskipun hasil tes tersebut adalah positif. Inilah yang membuat PCR test dirasa lebih efektif dan akurat dibandingkan dengan rapid test untuk mendiagnosis seseorang terkena Covid-19 atau tidak.

Tempat PCR Test Terdekat

Karena wabah Covid-19 sudah berskala global, maka hampir setiap daerah sudah terdapat tempat PCR test. Anda bisa mencari informasi di situs pencarian Google atau website terpercaya di bidang kesehatan, salah satunya adalah Halodoc. Di Halodoc, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai lokasi PCR test beserta nama rumah sakit dan juga biaya yang harus dikeluarkan.

Halodoc merupakan website yang memberikan Anda akses untuk berinteraksi dengan dokter-dokter berpengalaman dan menanyakan apapun seputar dunia kesehatan. Anda bisa berkonsultasi tentang masalah kesehatan yang Anda alami. Selain itu, Halodoc juga memiliki berbagai layanan seperti beli obat, perlindungan kesehatan, tes laboratorium, dan sebagainya. Untuk mempermudah aksesnya, Anda bisa mengunduh aplikasi Halodoc secara gratis di Google Play Store.

Itulah tadi informasi mengenai tes PCR dan tempat-tempat yang menyediakan tesnya. Setiap orang memiliki kemungkinan terpapar Covid-19 yang sama. Oleh karena itu, jika Anda pernah berada di kerumunan dan merasa ragu apakah ada kemungkinan terpapar Covid-19, melakukan PCR test bisa menjadi solusi yang cukup tepat. Dengan demikian, Anda bisa melindungi diri Anda beserta orang-orang di sekitar.