Traveling memang mengasyikkan, namun jangan sampai lupa untuk menyiapkan barang-barang yang harus dibawa. Perlengkapan traveling backpacker tidak perlu banyak dan berukuran besar, namun cukup yang dibutuhkan saja dan mudah dimasukkan dalam satu tas gunung. Dengan begitu, akan lebih mudah dan cepat untuk berkelana ke berbagai tempat tanpa kerepotan membawa bawaan banyak.

6 Perlengkapan yang Wajib Dibawa seorang Backpacker

  • Jaket parasut

Saat traveling, seringkali mendapati perubahan cuaca yang tidak mudah ditebak. Oleh sebab itu, jaket parasut dibutuhkan karena tetap nyaman digunakan di segala cuaca. Jaket parasut dapat melindungi Anda dari sengatan matahari, udara yang dingin, atau tetesan hujan mengingat bahannya tahan air. Berat jaketnya pun cukup ringan, dan mudah untuk dilipat menjadi kecil.

  • Obat-obatan pribadi

Selain cuaca, hal lain yang kadang susah ditebak adalah kondisi kesehatan. Boleh jadi saat berangkat Anda masih sehat bugar, namun setelah beberapa hari traveling flu mulai menyerang, misalnya. Sebagai pencegahan, sebaiknya bawa tas P3K kecil yang berisi obat-obatan pribadi. Gunakan tas yang memiliki banyak kompartemen pada bagian dalamnya sehingga dapat muat banyak.

  • Toiletries

Hal penting lain yang kadang terlupakan adalah toiletries atau perlengkapan mandi. Seringkali para backpacker menganggap enteng, dan lebih memilih untuk membelinya di tempat tujuan. Namun, sebaiknya siapkan sendiri saja sejak dari rumah karena lebih mempermudah perjalanan. Anda tidak perlu repot-repot berhenti di tengah perjalanan atau ke luar penginapan untuk sekadar membeli toiletries.

  • Kantong lipat

Benda kecil namun sangat berguna yakni kantong atau tas lipat yang mudah disimpan di dalam tas gunung ala backpacker. Kantong tersebut memiliki beragam kegunaan antara lain tempat pakaian kotor, tempat pakaian bersih agar tidak kotor atau kebasahan, dan tempat sepatu/sandal. Selain itu, dapat juga digunakan untuk menyimpan barang yang Anda beli di destinasi traveling.

  • Alas kaki cadangan

Terdengar ribet memang, namun membawa alas kaki cadangan seperti sandal cukup penting. Benda tersebut dapat dipakai saat keadaan darurat, misalnya, saat penginapan tidak menyediakan sandal padahal Anda butuh saat akan keluar kamar. Keadaan lain adalah saat tiba-tiba alas kaki yang Anda sedang pakai, rusak di tengah jalan. Akan repot apabila harus mencari toko, bukan?

  • Uang cash

Walaupun sekarang sudah jamannya dompet digital, namun uang cash tetap belum kehilangan esensinya. Terlebih lagi, apabila Anda menuju destinasi yang hanya menggunakan pembayaran tunai. Maka dari itu, pastikan membawa uang cash secukupnya agar transaksi pembayaran lebih cepat dan praktis. Uang cash juga dapat menolong apabila Anda kesusahan menemukan ATM di daerah tujuan.

Menyiapkan bekal sebelum melakukan traveling memang harus teliti dan cermat. Tidak hanya bekal dalam bentuk makanan kecil atau minuman saja, tetapi benda lain yang akan membuat traveling Anda menjadi lancar.

Sebelum melakukan perjalanan pastikan kamu sudah mengaktifkan paket data atau mengisi pulsa. Ketika kamu berada di area WiFi gratis misalnya, manfaatkan untuk mengunduh aplikasi yang akan membantu saat perjalanan seperti Google Maps, aplikasi booking hotel online dan kalau kamu seorang muslim download aplikasi arah kiblat sehingga kamu bisa mengerjakan sholat ketika berada di daerah yang tidak ada masjid atau di hotel yang tidak ada arah kiblatnya. Temukan aplikasi arah kiblat untuk Android di Sallyponchak.com.

Selain itu, pastikan juga tas yang dibawa dalam kondisi baik agar tidak repot untuk memperbaiki ketika tiba-tiba jebol di tengah traveling.