Agar saluran air di rumah bisa tersalurkan dengan baik, Anda tentu membutuhkan yang namanya pipa. Yap, seperti diketahui, pipa berfungsi sebagai penyalur air bersih maupun air pembuangan di rumah. Salah satu jenis pipa yang kerap digunakan yakni pipa air Rucika. Dengan kualitas produk yang sangat baik serta tahan terhadap korosi hingga 30 tahun, membuat pipa air dari Rucika ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Biasanya, produsen terbaik satu ini memproduksi pipa yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride atau lebih dikenal dengan PVC. Pipa satu ini bisa digunakan untuk menyalurkan air bersih maupun air kotor di rumah. Jenis pipa PVC ini pun memiliki beragam nama unik, salah satunya pipa CPVC.

Lantas, apa yang dimaksud dengan pipa CPVC?

Melansir dari pusathdpe, pipa CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride) merupakan pengembangan dari pipa PVC, yang mana pipa polimer thermoplastik ini dibuat berdasarkan pada proses klorinasi dari pipa PVC. Melalui proses ini, membuat ketebalan pipa pun menjadi semakin meningkat dan kuat sehingga tak heran jika pipa CPVC ini tahan terhadap suhu yang tinggi.

Proses pembuatan dari pipa CPVC ini adalah melalui klorinasi radikal bebas, di mana menembakkan energi Ultraviolet (UV) untuk mengurai gas klor menjadi radikal. Lalu, radikal ini nantinya bereaksi dengan pipa PVC dan mengganti beberapa atom hydrogen dengan atom klor.

Meski memiliki dinding yang lebih tebal (pipe schedule) dibanding PVC, namun sayangnya untuk mengalirkan air pipa ini lebih sedikit dari pipa PVC. Sekalipun begitu, tetap saja pipa satu ini memiliki keunggulan, di mana tak akan rusak sekalipun terkena benda berat karena ketebalan yang dimilikinya itu.

Apa saja kelebihan yang dimiliki pipa CPVC ini?

Bicara mengenai kelebihan, tentu saja pipa satu ini memiliki berbagai kelebihan, di antaranya:

  • Tahan terhadap perubahan suhu

Pipa CPVC terkenal sangat kuat dan berdinding tebal sehingga tahan terhadap perubahan suhu, misalnya saja saat mengalirkan air panas ke saluran pipa. Pipa satu ini tidak gampang melepuh ketika terkena air panas tersebut.

  • Tidak mencemari lingkungan sekitar

Seperti yang sudah dijelaskan, pipa satu ini memiliki tingkat ketebalan yang cukup tinggi sehingga tidak akan mudah bocor maupun pecah. Dengan demikian, pipa ini tentu tidak akan mencemari lingkungan saat digunakan.

  • Bisa digunakan dalam jangka waktu lama

Tak main-main, pipa satu ini bisa digunakan dengan jangan waktu yang cukup lama. Tenang, pipanya tidak akan mengalami korosi sehingga aman digunakan untuk mengalirkan air pembuangan di rumah.

Itu dia penjelasan mengenai pipa CPVC dan kelebihan yang dimilikinya. Tertarik menggunakan pipa ini untuk saluran air di rumah?