Di zaman digital seperti saat ini, untuk bisa sukses dan berkembang di dunia kerja, maka Anda membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian kerja yang cukup matang. Dengan adanya management atau organisasi, maka organisasi yang dibangun dapat bergerak sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membantu pengorganisasian ini adalah project management software.

Lalu sebenarnya apa itu project management? Seberapa pentingnya software ini bagi perencanaan dan pengembangan organisasi? Untuk menambah informasi Anda terkait software yang satu ini, berikut seluk beluknya.

Pengertian Project Manajement

Sebelum masuk kebagian software, Anda harus memahami apa itu project manajement. Project management sendiri merupakan suatu kegiatan atau proses berbentuk perencanaan, pengarahan, pengendalian, dan juga pengoraganisasian terhadap sumber daya organisasi yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Project management ini bertujuan agar perusahaan dapat mencapai tujuan yang akan dicapai dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan Software Project Management sendiri merupakan sebuah software yang dirancang untuk mengatur management kerjasama, waktu pengerjaan, dan juga manajement tugas. Software ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang menuntut berbagai pekerjaan terkait kecepatan dan perbaikan, fleksibilitas, akuntansi, dan juga inovasi yang berkelanjutan.

Tipe dan Contoh Software pada Project Management

Software untuk project management sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Secara umum ada tiga tipe software pada project management yang biasa digunakan untuk membantu perusahaan. Tipe-tipe tersebut antara lain

  • Software Tipe Premium
  • Software Tipe Freemium
  • Software Self-Hosted

Tipe self-hosted merupakan tipe software yang sangat memudahkan karena hostingnya bisa dilakukan melalui komputer pribadi. Contoh software project management untuk tipe self hosted adalah Microsoft Office Project. Microsoft jenis ini dirancang untuk membantu berbagai proyek pengembangan rencana, pengelolaan anggaran, dan juga penganalisis beban kerja.

Untuk software tipe freemium merupakan jenis software gratis namun berbasis premium. Contoh software tipe ini adalah OpenProject. Sofware ini biasa digunakan untuk mendukung berbagai jenis industri seperti IT Service Managemen, Creative Agency Jakarta, Consultant, dan lain-lain.

Sedangkan contoh software dengan tipe premium adalah Collabtive. Software ini termasuk kedalam software yang menggunakan proprietary tools yang terintegrasi dengan web service XML APU dan juga sudah mendukung 30 bahasa yang berbeda-beda. Software jenis ini sangat cocok digunakan untuk merancang berbagai sistem kerja karena sangat simple dan juga ringan. Selain itu, software ini juga cocok digunakan oleh para kaum minimalis.

Project Management Software memang sangat membantu para perusahaan untuk melakukan sistem management. Anda bisa memilih tipe software yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pilihlah software dengan bijak sehingga program yang dihadirkannya dapat digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan organisasi atau perusahaan Anda.