Jogja menjadi salah satu kota wisata yang populer di Indonesia. Selalu saja ada rasa rindu setelah berlibur di kota ini. Dari begitu banyaknya destinasi yang dapat diajdikan sebagai pilihan, daerah yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gunung Kidul. Gunung Kidul merupakan salah satu bagian dari kabupaten Yogyakarta.

Berbagai alasan pun muncul, mengapa Anda harus mengunjungi lokasi wisata yang menarik ini seperti memiliki pemandangan yang memukau, budget belanja sangat hemat, hingga masih banyak potensi wisata yang berada di Gunung Kidul belum di kenal dan sangat menarik untuk dikunjungi. Namun, karena belum banyak dikenal, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan moda transportasi umum untuk sampai di sini.

Agar dapat sampai ke tempat wisata, Anda dapat melakukan sewa mobil di Jogja selama berlibur. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Gunung Kidul.

Goa Jomblang

Destinasi pertama yang bisa Anda kunjungi ialah Goa Jomblang. Goa Jomblang berbeda dari goa-goa pada umumnya. Goa Jomblang merupakan goa yang berbentuk vertikal sehingga nantinya Anda akan melihat pemandangan yang sangat eksotis. Kedalaman Goa Jomblangmencapai 80 meter dan dapat Anda jelajahi. Setelah masuk, dan menjelajahinya nantinya Anda akan menemukan sungai yang mengalir pada dasar goa.

Bila ingin menjelajahi wisata ini, Anda harus membayar Rp 450 ribuan hingga Rp 1 juta. Harga tersebut termasuk dengan berbagai peralatan serta pemandu, sehingga tidak mengherankan jika Anda harus membayar cukup mahal. lokasi Goa Jomblang tepat di Jetis Wetan. Anda membutuhkan waktu 1.5 jam dari pusat kota.

Gunung Ireng Patuk

Tujuan wisata yang berikutnya adalah Gunung Ireng Patuk. Meskipun memiliki nama gunung, namun Anda tidak perlu khawatir karena untuk mencapai puncaknya, Anda hanya membutuhkan waktu selama 5 menit saja. Gunung Ireng Patuk merupakan sebuah bukit yang menjadi puncak paling tinggi. Pelancong sering mengunjungi wisata ini untuk menikmati keindahan matahari terbit. Sehingga, jika menjangkaunya menggunakan transportasi umum, sepertinya akan sangat sulit. Lebih-lebih jaraknya cukup jauh dari pusat kota.

Gunung Bagus Paliyan

Gunung Bagus Paliyan sebenarnya merupakan destinasi yang berbentuk bukit. Gunung Bagus Paliyan juga sering disebut dengan Bukit Teletubies, hal ini disebabkan karena bentuknya yang sangat mirip dengan bukit yang berada di acara anak-anak Teletubies. Untuk menjangkau Gunung Bagus Paliyan, Anda harus menempuh jarak kurang leboih 30 km dari pusat kota. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi ini kurang lebih 1 jam penuh.

Gunung Bagus Paliyan biasanya sangat ramai ketika hari libur tiba, memiliki view yang instagramable, tempat ini terlihat begitu asri karena dikelilingi dengan pertanian warga. Anda dapat mengunjungi Gunung Bagus Paliyan di pagi hari. Harga tiket masuk Gunung Bagus Paliyan hanya Rp 3 ribuan.

Air Terjun Luweng Sampang

Bukan hanya bisa mengunjungi perbukitan, Anda juga bisa melihat kecantikan air terjun yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Bedanya, Air Terjun Luweng Sampang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Ukuran Air Terjun Luweng Sampang kurang lebih 5 meter saja. Keunikan dari wisata ini ialah posisinya yang berada di tengah batuan kapur, sehingga semakin menambah keindahannya.

Berbagai wisata di atas memang tidak mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum, oleh sebab itu pilihan yang paling tepat adalah dengan menyewa mobil. Salah satu rekomendasi jasa sewa mobil di Jogja yang bisa dijadikan pilihan ialah Sabila Transport. Sabila Transport memiliki berbagai pelayanan service yang akan mengakomodasi seluruh kebutuhan transportasi Anda selama di Jogja. Sabila Transport juga memiliki layanan dengan harga sangat murah. Jadi, jangan sampai salah memilih yang lain.